17 Maret 2009

Uji Kompetensi Siswa T.A 2009

Sejak Tahun 1994 Direktorat Dikmenjur bekerjasama dengan sejumlah industri telah merintis pengembangan dan pelaksanaan pengujian dan sertifikasi industri untuk siswa pada sejumlah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) binaan yang dikenal sebagai uji kompetensi. Hal ini dilakukan dalam upaya peningkatan mutu tamatan yang berorientasi kebutuhan pasar kerja dan pengembangan sub sistem dari kerangka sistem pengembangan sumber daya manusia berbasis kompetensi. Rintisan pengembangan model pengujian dan sertifikasi industri tersebut, dimaksudkan sebagai pengenalan sistem pengujian oleh pihak eksternal.Dengan adanya rintisan tersebut diharapkan akan diperoleh bentuk/model penyelenggaraan pengujian dan sertifikasi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan industri.Hal ini sesuai dengan tujuan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah menyiapkan peserta didik agar dapat bekerja secara mandiri (wirausaha) atau mengisi lowongan pekerjaan yang ada di Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI) sebagai tenaga kerja tingkat menengah, dalam bidang pekerjaan yang sesuai dengan program keahliannya. (Kurikulum 2004)Untuk mencapai tujuan tersebut penyelenggaraan pendidikan dilakukan dengan sistem ganda, yaitu penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan yang memadukan antara pembekalan aspek normatif, adaptif dan dasar produktif di sekolah, dengan pembekalan aspek produktif serta spesialisasi di Dunia Usaha/Industri (DU/DI). Salah satu alasan utama perlunya keterlibatan dunia usaha/industri pada proses kegiatan belajar mengajar pada SMK, adalah sulitnya membentuk budaya dan etos kerja pada siswa bila Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) hanya diselenggarakan di sekolah.`Pada Tanggal 10 Sampai 16 Maret lalu dilaksanakan Uji Kompetensi Program Keahlian Teknik komputer dan Jaringan dengan bekerjasama DU/DI WereComptech sebagai penguji eksternal, dengan jumlah peserta 41 siswa. Materi pengujian terdiri dari :
1. Instalasi PC
2. Kemampuan Diagnosis & Troubleshoot
3. Instalasi Operating System GUI (Windows OS)
4. Instalasi Operating System based text (Linux Redhat 9.3)
5. Administrasi Server meliputi :
- DHCP Server
- DNS Server

Penyelenggaraan pengujian dan sertifikasi ini diharapkan mampu menghasilkan tamatan yang sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh industri, tidak terlepas dari kesungguhan dari semua pihak yang terlibat (Stake Holder). Di satu sisi pihak industri yang memiliki ekspertis dan quality assurance, sudah menyediakan berbagai fasilitas, tenaga pelatih (trainer) dan tenaga penguji. Disisi lain pihak sekolah menengah kejuruan diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk pengadaan bahan, dan tidak menutup kemungkinan menyiapkan fasilitas dalam pelaksanaan pengujian.


7 comments:

Anonim mengatakan...

Didalam ruangan ujian, 4 jam yang sangat melelahkan.. Alhamdulillah bisa ji sa lewati dengan Baik.. , bagaimana mnurut ta' pak.. (aaahg bapak Memuji lagi) hehe..

Anonim mengatakan...

Selamat atas penyelenggaraan Uji Kompetensinya, mudah-mudahan hasilnya memuaskan, trus berjuang pak Wiwin. Jadikan SMKN 1 Soppeng salah satu pencetak bibit IT.

Wiwin mengatakan...

Makasih banyak support nya, Amin.

Anonim mengatakan...

Pak Jalanji itu DHCP server ku saya, tapi DNS ku Forwardnya jalan tapi revers nya tidak iyya pak, Gimana mi itu pak..? tapi kan apes ji itu pak, Faktor X.

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Tonra kayaknya,... sadis ngawasinnya yah...

ducky mengatakan...

salam kenal bos... SMK BISA!!

saya dpt alamat blognya dari adek saya nih...

FATAMORGANA mengatakan...

ducky itu ponakan kamu dari Jakarta pa'win,... dia pernah mampir di Soppeng tapi nggak ketemu kamu...

Sering mangkal di blog aku....., dia juga blogger mania.

Posting Komentar